Mengenal dan Memahami Operasi Sistem

Al Maz Bos - Apa itu sistem operasi? Sistem operasi adalah perangkat lunak paling penting yang berjalan di komputer . Ia mengatur memo...


Mengenal dan Memahami Operasi Sistem

Al Maz Bos - Apa itu sistem operasi? Sistem operasi adalah perangkat lunak paling penting yang berjalan di komputer. Ia mengatur memori dan proses pada komputer, serta semua perangkat lunak dan perangkat kerasnya. Ini juga memungkinkan anda untuk berkomunikasi dengan komputer tanpa mengetahui cara berbicara bahasa komputer. Tanpa adanya sistem operasi, komputer tidak akan berguna.

Fungsi sistem operasi

Sistem operasi (OS) komputer mengelola semua perangkat lunak dan perangkat keras pada komputer. Sebagian besar waktu, ada beberapa program komputer yang berjalan pada saat yang bersamaan, dan mereka semua perlu mengakses central processing unit (CPU), ram, dan penyimpanan komputer anda. Sistem operasi mengkoordinasikan semua ini untuk memastikan setiap program mendapatkan apa yang dibutuhkannya.

Jenis sistem operasi

Sistem operasi biasanya sudah terpasang di komputer yang anda beli. Kebanyakan orang menggunakan sistem operasi yang sudah terpasang di komputer mereka, namun anda juga dapat meng-upgrade atau bahkan mengubah sistem operasi pada komputer anda. Sistem operasi yang paling umum digunakan untuk komputer adalah Microsoft Windows, Mac OS, dan Linux.

Sistem operasi modern menggunakan graphical user interface (GUI). GUI memungkinkan anda menggunakan mouse untuk meng-klik ikon, tombol, menu, dan semuanya yang ditampilkan dengan jelas di layar menggunakan kombinasi grafik dan teks.

Setiap GUI sistem operasi memiliki tampilan dan nuansa yang berbeda, jadi jika anda beralih ke sistem operasi yang berbeda, mungkin terasa asing pada awalnya. Namun, sistem operasi modern dirancang agar mudah digunakan, dan sebagian besar prinsip dasarnya sama.

Microsoft Windows


Windows Os

Microsoft menciptakan sistem operasi Windows pada pertengahan 1980-an. Selama bertahun-tahun, ada banyak versi Windows yang berbeda, tetapi yang paling baru adalah Windows 10 (dirilis pada tahun 2015), Windows 8 (2012), Windows 7 (2009), dan Windows Vista (2007). Windows hadir pada komputer, laptop, dan smartphone terbaru, yang membantu menjadikannya sistem operasi paling populer di dunia.

Mac OS


Mac OS

Mac OS adalah sistem operasi yang dibuat oleh Apple. Mac OS sudah terpasang di semua komputer Macintosh terbaru, atau Mac. Semua versi terbaru dikenal sebagai OS X, dan versi spesifik termasuk El Capitan (dirilis pada tahun 2015), Yosemite (2014), Mavericks (2013), Mountain Lion (2012), dan Lion (2011) .

Menurut StatCounter Global Stat, pengguna akun Mac OS X kurang dari 10% dari sistem operasi global, jauh lebih rendah dari persentase pengguna Windows (lebih dari 80% ). Salah satu alasannya adalah bahwa komputer Apple cenderung lebih mahal. Namun, banyak orang lebih menyukai tampilan dan nuansa Mac OS X dibanding Windows.

Linux


Linux OS

Linux adalah sistem operasi open-source, yang berarti mereka dapat dimodifikasi dan didistribusikan oleh siapa saja di seluruh dunia. Ini berbeda dari perangkat lunak berpemilik seperti Windows, yang hanya dapat dimodifikasi oleh perusahaan yang memilikinya. Kelebihan Linux adalah gratis, dan ada banyak distro yang berbeda atau versi yang dapat anda pilih.

Menurut StatCounter Global Stat, pengguna Linux terhitung kurang dari 2% dari sistem operasi global. Namun, sebagian besar server menggunakan Linux karena relatif mudah untuk disesuaikan.

Sistem operasi untuk perangkat seluler


Mobile OS

Perangkat seluler seperti ponsel, tablet, dan pemutar MP3 berbeda dari komputer desktop dan laptop, mereka menjalankan sistem operasi yang dirancang khusus untuk perangkat seluler. Contoh sistem operasi seluler termasuk Apple iOS dan Google Android.

Sistem operasi untuk perangkat seluler umumnya tidak sepenuhnya ditampilkan seperti yang dibuat untuk komputer desktop dan laptop, dan mereka tidak dapat menjalankan semua perangkat lunak yang sama. Namun, anda masih bisa melakukan banyak hal, seperti menonton film, menjelajah Web, dan bermain game.

Bagaimana? sudah mengenal dan memahami mengenai operasi sistem? rasanya sih sudah cukup, jika masih ada yang kurang paham anda dapat bertanya melalui kolom komentar... Good Luck!

COMMENTS

;
Name

Android,4,BlackBerry,3,Blogging,2,Coding,2,Desain,1,Hardware,3,HTML,1,Info,2,Internet,4,Intranet,6,iOS,3,Jaringan,6,Kategori,18,Komputer,10,Pentesting,5,Python,1,Seluler,4,SEO,1,Software,10,Tools,3,Tutorial,12,WEB,5,
ltr
item
Al Maz Bos: Mengenal dan Memahami Operasi Sistem
Mengenal dan Memahami Operasi Sistem
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh2vZai8QEfSqQIOjSR4Yf8rkIeJcL-dSPgWoB4ijby77AX662DrxAXav5bECHO6v-wvoNyJGKVNZsLIoBGkBATe7CkdZegDk8b7Jh1Yfpzn2RSw_TtbsyhecmTZPS2YpIYxrgUugI6A5Y/s640/operasi-sistem-almazbos.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh2vZai8QEfSqQIOjSR4Yf8rkIeJcL-dSPgWoB4ijby77AX662DrxAXav5bECHO6v-wvoNyJGKVNZsLIoBGkBATe7CkdZegDk8b7Jh1Yfpzn2RSw_TtbsyhecmTZPS2YpIYxrgUugI6A5Y/s72-c/operasi-sistem-almazbos.jpg
Al Maz Bos
http://almazbos.blogspot.com/2018/04/mengenal-dan-memahami-operasi-sistem.html
http://almazbos.blogspot.com/
http://almazbos.blogspot.com/
http://almazbos.blogspot.com/2018/04/mengenal-dan-memahami-operasi-sistem.html
true
1069009630902974582
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy